Samsung P6200 Galaxy Tab 7 Plus

Samsung P6200 Galaxy Tab 7 Plus
DesainUntuk kesekian kalinya Samsung meluncurkan seri tablet dalam keluarga Galaxy Tab, yakni Galaxy Tab 7 Plus P6200. Tablet terbaru dari Samsung ini merupakan kombinasi dari desain seri tablet pertama, yakni Galaxy Tab P1000 yang mengusung OS Android 2.2 (Froyo) dan keunggulan sistem operasi pada seri Galaxy Tab 10.1/8.9 yang mengusung OS Android 3.2 (Honeycomb).

Dari rancangan, Tab 7 Plus mirip dengan Tab P1000, hanya saja tampilan front covernya dipercantik dengan balutan list warna perak, mengensankan tablet ini lebih eksklusif. Sedangkan pada bagian back cover diberi sentuhan warna putih glossy. Sebagaimana tablet Honeycomb Samsung terdahulu, tidak ada tombol sama sekali pada sisi depan tablet.

Slot yang ada meliputi meliputi slot SIM card dan slot MicroSD pada sisi kiri, sedangkan pada sisi kanan terdapat tombol power dan volume, serta port infrared. Pada bagian atas baru terdapat port audio jack 3,5 mm. Uniknya posisi speake audio terdapa pada bagian bawah.

CatatanAda yang ‘unik’ di Tablet 7 Plus ini, pasalnya Samsung tidak menghadirkan MicroUSB sebagaimana tablet-tabletnya terdahulu. Port untuk charger dan koneksi data mengsung jenis proprietary, dimana bentuknya memanjang mirip dengan slot charger pada iPhone/iPad.

FiturDari segi kejernihan layar, Tab 7 Plus tak perlu diragukan lagi kualitasnya, dengan layar yang menggunakan jenus PLS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna dengan resolusi 600 x 1024 pixels, visual yang ditampilkan sangat tajam, dan layar telah mendukung multitouch. Dari hasil uji coba visual layar pun masih terlihat apik dibawah terik matahari. Layar Galaxy Tab 7 pulus ini memiliki beberapa mode seperti Dynamic, Standart dan Movie, dimana pada mode Movie layar yang tadinya bernuansa kebiruan menjadi berkarakter kuning yang cocok untuk menonton film.

Untuk tampilan antarmuka, mengusung teknologi TouchWiz UX UI, terdapat 5 halaman homescreen yang bisa di kustomisasi. Pengguna dapat menambahkan widget, application shortcut, wallpaper dan lain-lain seperti contact tertentu, setting tertentu dan lain-lain melalui ikon ''+'' di bagian ujung kanan layar.

Untuk urusan kamera, Tab 7 Plus masih mengacu pada spesifikasi Galaxy Tab P1000, yakni kamera 3,2 Mpix dengan resolusi maksimum 2048x1536 pixels. Sedangkan untuk kamera depan mengsung resolusi 1,3 Mpix. Fitur-fitur yang ditonjolkan adala flash, edit shortcut, single shot, smile shot, panorama, Action shoot, cartoon, scene mode, exposure, focus mode (auto, macro), timer, effect, resolusi, white balance, metering, outdoor visibility, geotag, storage dan guidelines. Untuk memilih fokus cukup sentuh objek di layar (touch to focus).

Resolusi maksimal untuk rekam video adalah HD 720p (1280x720 pixel) dengan fitur-fitur yang cukup banyak seperti: flash, edit shortcut, recording mode, exposure, timer, effect, resolusi, white balance, outdoor visibility, storage dan guidelines.

Ada kelebihan yang cukup signifikan dari Tab 7 Plus, berbeda dengan tablet yang mengusung OS Android Honeycomb sebelumnya, maka Honeycomb di Tab 7 Plus dapat menjalankan fitur GSM, yakni voice, SMS dan MMS.

CatatanTab 7 Plus dapat digunakan untuk melakukan percakapan layaknya menggunakan earphone pada posisi penggunaan handphone pada umumnya. Hanya saja akan terlihat aneh, karena ukurannya yang besar dapat menutupi wajah Anda.

KinerjaDengan dimensi 193,7 x 122,4 x 9,9 mm dan berat 345 gram, Galaxy Tab 7 Plus terbilang jenis tablet yang punya ukuran ergonomis, bahkan masih cukup nyaman bila ditaruh dalam saku jas atau jaket. Kemampuan fitur dan aplikasinya bisa disebut setara dengan Tab 10.1/8.9, bahkan Tab 7 Plus lebih memikat dengan dukungan koneksi voice GSM.

Banyak disayangkan, port charger dan koneksi data justru malah menggunakan jenis proprietary, sebuah pilihan yang terasa agak janggal dari tim pengembang Samsung, disaat semua gadget kini sedang dirancang untuk memiliki standarisasi pada slot MicroUSB. Penggunaan port proprietary pun sedikit banyak akan merepotkan bagi Anda yang terbiasa menggunakan MicroUSB charger saat traveling.

Serupa dengan Galaxy Tab P1000, Tab 7 Plus juga mengusung jenis baterai Lithium Polymer 4000 mAh. Jenis baterai melekat pada struktur unibody, alias tidak bisa dilepas. Kemampuan baterai bisa bertahan hingga 8 jam untuk pemakaian fitur yang cukup tinggi.

http://www.selular.co.id/handset/review/samsung/Samsung/447/samsung-P6200-Galaxy-Tab-7-Plus

No comments:

Post a Comment

Please comment as you like.