Fenomena supermoon 2011

Fenomena supermoon 2011
Fenomena supermoon 2011. Supermoon adalah fenomena bulan terlihat sangat besar di langit karena berada dalam posisi terdekatnya yang terjadi setiap 18 tahun sekali. Fenomena Supermoon atau konjungsi bulan di arah matahari merupakan siklus 18 tahun sekali. Namun sejauh mana korelasi fenomena Supermoon dengan terjadinya bencana alam seperti di Jepang para ilmuwan hingga saat ini belum ada yang bisa menjelaskan.

Supermoon terakhir terjadi 8 Maret 1993 dan dikaitkan dengan badai besar di Amerika Utara pada 12-13 Maret. Satu-satunya dampaknya yang pasti adalah menguatnya efek pasang di laut dan rob. Namun selama ini juga tidak ada catatan kejadian luar biasa akibat kenaikan air laut itu. Fenomena Supermoon ini sering kali dikaitkan dengan ancaman sejumlah bencana seperti gelombang pasang, letusan gunung berapi, bahkan gempa bumi.Sebelum dan setelah 2 supermoon terjadi, beberapa kawasan dunia diguncang bencana alam.

Supermoon juga memengaruhi gelombang pasang air laut. Karena semakin dekatnya bulan dengan bumi, daya gravitasi dari bulan semakin besar. Di beberapa titik, seperti di Surabaya, gelombang air setinggi 110 cm-130 cm, lebih tinggi daripada hari-hari biasa. Meningkatnya air pasang tersebut bisa menimbulkan banjir di kawasan pesisir pantai, bmkg sebagai badan yang berwenang menhimbau masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya fenomena supermoon 2011 ini.

10 comments:

  1. the super moon was indeed very beautiful. its just a little bit scary but indeed was great to look at.

    ReplyDelete
  2. Fenomena alam yang langka..cuma pas kemaren saya ngak sempet liat..harus nunggu 18 tahun lagi..

    ReplyDelete
  3. Hello guys, could you please tell me what language is this?

    Regards,

    Rich

    ReplyDelete
  4. wow I like you post and you good working in this website but I am very happy because after reading your infoemation , and tips for health .you now I
    look your post helpful your textile designing for me .thank you for the good sharing all the world peoples .

    ReplyDelete
  5. Wow!!i like this post..thanks for sharing...

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Please comment as you like.