Google Android Rajai Pasar Smartphone

Sistem operasi Google Android memperpanjang dominasinya di jajaran smartphone. Kesimpulan ini diperoleh dari survei yang dilakukan Kantar Worldpanel Comtech di beberapa negara. Di antaranya, Spanyol, Jerman, China, Perancis, Jepang dan Amerika Serikat (AS).

Mengutip laman Channelnewsasia, Rabu (1/5), Kantar Worldpanel Comtech menyatakan angka penggunaan sistem operasi Google Android mencapai 49,3 persen dari smartphone yang dijual di pasar AS pada kuartal pertama. Sementara pesaingnya, Apple iOS pada sistem operasi untuk iPhone hanya digunakan 43,7 persen.

Android sendiri semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pangsa pasar di jajaran smartphone. Android terus melampaui Apple dengan selisih pendapatan sekitar 47,9 sampai 44,6 persen.

Di pasar utama lainnya, Android bahkan lebih dominan dengan angka 93.5 persen dari smartphone. Seperti di Spanyol, Android meraih torehan angka 73,6 persen, Jerman 69.4 persen, sementara di China dan Inggris sama-sama berada pada angka 63,3 persen.

Negara satu-satunya Apple memimpin pasar hanya di Jepang. Namun selisih dengan Android tak begitu jauh. Jika Apple 49,2 persen, maka Android ada di urutan kedua dengan 45,8 persen.

"iOS dan Android terus bertarung untuk penjualan terbanyak smartphone OS. Angka penjualannya berada diposisi tertinggi sejauh ini," ucap analis Kantar, Mar Ann Parlato

jpnn.com

No comments:

Post a Comment

Please comment as you like.