cokelat sebagai makanan super

Siapa bilang cokelat adalah makanan berbahaya? Para peneliti justru menemukan bahwa cokelat mengandung lebih banyak komponen tumbuhan ketimbang sebagian besar jus buah.

Studi ini dilakukan para ilmuwan di Hershey Centre for Health & Nutrition. Mereka bahkan menyebut cokelat sebagai makanan super karena memiliki kadar antioksidan tinggi sehingga bisa mencegah proses oksidasi serta menghentikan kerusakan sel-sel tubuh yang sehat.

Peneliti mencatat bahwa dark chocolate yang mengandung kakao dengan kadar tinggi memiliki lebih banyak antioksidan serta polyphenol, yang bisa melindungi tubuh dari penyakit-penyakit seperti kanker dan kelainan jantung.

Mereka juga membandingkan sajian dark chocolate, kakao, minuman cokelat panas serta berbagai jus buah seperti acai berry, cranberry dan buah delima. Tercatat, dark chocolate dan kakao memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi dibandingkan buah-buahan tersebut.

"Biji kakao seharusnya disebut sebagai 'buah super'. Selain itu, produk-produk yang dihasilkan biji kakao seperti bubuk kakao maupun dark chocolate seharusnya disebut sebagai 'makanan super'," ujar Dr Debra Millar, yang memimpin penelitian tersebut.

"Ini adalah kabar bagus untuk para pecinta cokelat," pungkas Millar seperti dilansir Telegraph 

(http://techno.okezone.com/read/2011/02/07/56/422313/56/cokelat-lebih-sehat-ketimbang-jus-buah)

4 comments:

  1. setahu saya coklat ga berbahaya kok, justru malah bagus kan tuh...hehe..

    salam kenal sob..

    ReplyDelete
  2. saya ga suka coklat gan.. coz gigi saya dah pada bolong-bolong nich :p

    ReplyDelete
  3. saya suka coklat, rasanya nikmat. salam kenal

    ReplyDelete
  4. Cokelat emang manis dan enak bgt mas

    ReplyDelete

Please comment as you like.