Ubuntu Preview for Smartphone Sudah Tersedia

Seperti yang dijanjikan, Canonical baru saja merilis preview pengembang Ubuntu OS untuk smartphone dan tablet. Preview ini tersedia untuk perangkat Galaxy Nexus, Nexus 4, Nexus 7, dan Nexus 10. Pada siaran persnya, Shuttleworth dan timl menyebut kalau rilis ini belum selesai dan untuk keperluan pengembang semata. Jadi sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum mencoba menginstal dan merusakkan perangkat Anda sendiri.

"Touch Ubuntu Developer Preview digunakan untuk tujuan pengembangan dan evaluasi saja. Versi pratinjau ini tidak menyediakan semua fitur dan layanan secara lengkap. Preview ini adalah rilis pertama dari Ubuntu OS yang sangat baru dan belum selesai, dan masih terus dikembangkan. Jika Anda ingin menginstal rilis ini, silakan ikuti petunjuk yang diberikan, yang menyebutkan fitur tersedia secara rinci dan bagaimana untuk menavigasi pengalaman pengguna."

Canonical memastikan bahwa Ubuntu OS didasarkan pada Android Board Support Package. Yang berarti bahwa manufaktur tidak perlu mengubah apa pun secara signifikan, dan tetap bisa menggunakan hardware yang sama (Android), untuk menjalankan Ubuntu.

Untuk saat ini, Ubuntu touch dev preview mengandung shell, core aplikasi, WiFi networking, penunjang kamera depan dan belakang, dan tool sambungan Android Developer Bridge. Rilis ini juga memungkinkan handset Galaxy Nexus dan Nexus 4 tersambung ke jaringan GSM, membuat panggilan, dan mengirim SMS. Bersama sneak peak, SDK Ubuntu telah dilengkapi moniker alpha, termasuk kesanggupannya untuk menyebarkan dan menjalankan aplikasi langsung dari IDE.

Perusahaan software ini mengumumkan Ubuntu for smartphone sebelum CES dan sudah memamerkan versi tablet awal pekan ini, sebelum MWC dimulai minggu depan. Sedangkan perangkat pertama Ubuntu diharapkan bisa keluar paling cepat yakni menjelang akhir tahun 2013.

Ubuntu OS digadang-gadang Canonical sebagai salah satu platform yang bisa berjalan di semua ukuran dan resolusi layar. Baik itu PC, notebook, smartphone, tablet dan TV. Anda bisa memeriksa “developer preview of Ubuntu” pada smartphone atau tablet Nexus kompatibel dengan mengikuti petunjuk yang disebutkan di sini .

sumber : http://www.selular.co.id/berita/BNews/2013/02/3961/Ubuntu-Preview-for-Smartphone-Sudah-Tersedia

No comments:

Post a Comment

Please comment as you like.