Facebook Dapat Milyaran Dollar Dari Iklan

FACEBOOK memperoleh pendapatan iklan sebesar US$ 1,86 miliar atau Rp16,8 triliun sepanjang 2010. Dan kebanyakan pengiklan tidak berasal dari nama-nama besar. Bagaimana bisa? Menurut laporan AdAge, dengan mengestimasi pendapatan dari eMarketer, 60 % pendapatan iklan atau sekitar US$1,12 miliar ternyata didapat dari perusahaan-perusahaan kecil.Merekamembuat pengiklan terus bertumbuh di Facebook, kata Debra Williamson, seorang analis utama eMarketer. Pengiklan tersebut sering muncul bertahun-tahun di Google.Saat ini mereka unjuk gigi di Facebook.
Sementara itu, perusahaan besar hanya menyumbang pendapatan iklan US$740 juta. Pengiklan besarnya seperti AT&T, Coca Cola, P&G dan Match.com. AT&T dan Match.com masih menjadi dua pengiklan terbesar di situs jaringan sosial itu. Dan ternyata, Google menjadi pengiklan kelima terbesar di Facebook. Ini agak ironis mengingat tahun lalu, Google memblokir pengguna untuk mengimpor teman Facebook via Gmail. Terlepas dari perseteruan tersebut, peningkatan pendapatan Facebook tidak mempengaruhi pangsa pasar Google. Internet raksasa tersebut masih mendapatkan pendapatan US$2 miliar per bulannya. eMarketer memperkirakan untuk tahun 2010, mengenai peningkatan pendapatan dari iklan di Facebook adalah bukti pertumbuhan situs jaringan sosial tersebut. (Media Indonesia)

1 comment:

  1. sudah pasti abis FB sekarang kan tenar bgt sob..wajarlah dpt segitu..hehehe...btw ikutan gerakan SEO positif ya sob... bisa dilihat di http://manajemenemosi.blogspot.com/2011/01/gerakan-seo-positif-season-2.html
    thx

    ReplyDelete

Please comment as you like.