Perangkat keras komputer dan fungsinya

Perangkat keras komputer dan fungsinya
apa bagian komputer yang termasuk perangkat keras atau hardware seperti yang di ketahui komputer mempunyai 3 bagian utama yaitu software, hardware dan juga brainware. komputer dapat beroperasi dengan baik ketika ketiga komponen ini berjalan bagaimana mestinya. Secara logika komputer hanya mempunyai tiga proses kerja yaitu input data, pemrosesan data dan output data. Di antara proses tersebut peran dari hardware menjadi bagian utama pembangun struktur dasar komputer.

Pengertian CPU – mengenai CPU ada baiknya sobat memahami betul apa pengertian CPU atau Central Processing Unit , CPU adalah bagain terpenting dari komputer. Tanpa CPU , Anda tidak akan dapat bermain game, mengetik makalah penelitian, atau menjelajah Internet. CPU sangat berbeda dari cassing komputer.

Processor
rocessor adalah perangkat utama komputer yang bekerja layaknya otak pada manusia, processor di gunakan sebagai tempat pemprosesan data utama. Saat ini ada dua pabrikan processor yang mendominasi yaitu processor inter dan processor AMD, keduanya sama saja Cuma perbedaan dari segi kualitas dan harga. Fungis utama processor ini adalah memproses semua informasi yang di input kemudian memeberikan output tindak lanjut proses pada hardware lain. Selain itu kualitas dari processor sangat berpengaruh terhadap seberapa handal komputer sobat dalam melakukan peroses data.

Motherboard
Motherboard – adalah papan sirkuit yang di gunakan untuk menempatkan hardware lainnya seperti Processor,RAM dan sebagainya. Pada Motherboard terdapat rangkaian elektronik yang komplit untuk menghubungkan antara perangkat keras. Kualitas motherboard yang baik mampu menjaga kesinampungan data (proses) antara sesama hardware dan menjaga konsumsi listrik dan panas yang di timbulkan oleh hardware komputer.

Chipset
Chipset berfungsi sebagai penghubung processor ke seluruh bagian motherboard. Chipset terdiri dari dua yaitu Northbridge dan Southbridge semua bagian komputer berkomunikasi dengan CPU melalui perangkat keras chipset.

Northbridge menghubungkan secara langsung ke prosesor melalui Front Side BUS (FSB). Sebuah memory controller terletak pada Northbridge, yang memberikan akses cepat CPU ke memori . Northbridge juga terhubung ke AGP atau PCI Express bus dan ke memori itu sendiri.

Southbridge lebih lambat dari Northbridge, dan informasi dari CPU harus melalui Northbridge sebelum mencapai southbridge. Bus lain terhubung Southbridge ke bus PCI, USB port dan IDE atau SATA koneksi hard disk. (perhatikan pada gambar Motherboard di atas)

Random Access Memory (RAM)
RAM atau Random Access Memory adalah bagian Perangkat keras komputer yang digunakan sebagai penyimpanan data sementara sehingga memudahkan Processor dalam memproses data. RAM bisa di katakan hardisk dan semacamnya tetapi jauh lebih cepat dalam memproses data, Tetapi apa bila komputer dalam kondisi OFF Memory RAM akan kosong artinya tdk bisa menyimpan data dalam jangka panjang, RAM akan terisi memory dalam hal ini intruksi ketika komputer mulai bekerja dan di gunakan untuk meringankan kerja processor.

Layar Monitor
Layar monitor adalah perangkat yang di gunakan untuk menampilkan hasil pemprosesan data pada CPU untuk di kelola lebih lanjut. Monitor komputer punya peran penting dalam menganalisa, mengelola data dari CPU.

Hard Disk
Mouse adalah hardware yang di gunakan untuk mengontrol pergerakan cursor pada komputer, Mouse di ciptakan untuk memudahkan brainware (pengguna) dalam mengelola data/objek pada komputer yang sebetulnya bisa di kerjakan oleh keyboard, tetapi dengan menggunakan mouse akan nampak lebih mudah. Mouse sangat berfungsi ketika bekerja dengan grafis dan edit video ataupun aplikasi game lainnya.

Keyboard
Sama dengan Mouse, keyboard di gunakan untuk menginput data ke CPU, dengan keyboard dapat memudahkan pembuatan document dan sejenisnya pada komputer. Sebuah keyboard terdiri dari huruf abjad, angka dan symbol yang kemudian bisa berkomunikasi data dengan CPU sehingga bisa berproses dan menghasilkan output pada monitor atau lainnya.

Dari beberapa sebagai komponen utama di atas, komputer memiliki perangkat keras tambahan / aksesoris seperti cd/dvd room, printer,scanner, dan sebagainya, tetapi menurut saya perangkat keras komputer yang saya sebut satu persatu sudah bisa di mewakili satu bagian komputer walaupun tidak ada perangkat tambahan lainnya.
sumber : Perangkat keras komputer dan fungsinya

1 comment:

Please comment as you like.